Resep Sate Lilit Bali dan Lawar Sayur

Tinggal di negara yang budayanya beragam bikin aku senang karena beragam pula kulinernya. Sampai-sampai bisa bikin kangen makan masakan khas suatu daerah, kayak kemarin kangeeeeeen banget makan nasi Bali dengan sate lilit. Setelah coba nyari paduan lauk pauk yang praktis untuk dibuat, akhirnya ku memutuskan untuk bikin nasi Bali sederhana dengan lauk sate lilit, lawar sayur, dan telur pindang.

Kalau sate lilit dan telur pindang pasti nggak asing kan? Kalau lawar sayur, pada tahu nggak hayoooo? Lawar sayur pada umumnya seperti urap. Campurannya adalah kacang panjang, tauge, dan ayam lalu dicampur dengan parutan kelapa berbumbu. Namun saya nggak menggunakan ayam karena menghemat waktu, hehe. Yuk, simak resep sate lilit Bali dan lawar sayur khas Bali berikut ini.

Read More

Resep Tumis Pare & Perkedel Tahu

Welcome back to menu masakan rumahan! Kali ini saya mau berbagi resep salah satu kombinasi menu andalan untuk makan siang maupun bekal. Seperti biasa, agar praktis saya membuat aneka tumis dibanding sayur dengan kuah. Menunya kali ini adalah tumis pare dan perkedel tahu. Ngomong-ngomong soal pare, dulu persepsi saya terhadap pare itu nggak baik karena banyak yang bilang pare itu pahit. Sampai suatu saat si mbak bikin tumis pare di rumah dan saya cicipi. Rasanya…. enak kok! Nggak ada rasa pahit, malah gurih karene berpadu dengan teri dan pedasnya cabai rawit merah.

Ternyata, memang ada trik membuat pare agar tidak terasa pahit. Sebelum mengupas trik tersebut, simak dulu yuk resep masakan rumahan: tumis pare dan perkedel tahu berikut ini. Selamat masak-masak!

Read More

Resep Sambal Tongkol Pete & Tumis Daun Pepaya Teri

Masakan rumahan itu emang susah banget ditolak buat dimakan. Apalagi sekarang buanyak banget akun usaha makanan yang menjual masakan khas rumahan. Fotonya pun dibuat menggugah sampai-sampai kepengen beli, padahal mah bisa bikin sendiri (asal ada niat dan waktu, huehe). Setelah kemarin penasaran sama tongkol suwir, masih berhubungan dengan ikan-ikanan, saya pengen mencoba bikin peda pete. Tapi…. tukang sayur di rumah nggak bawa peda, alhasil bikin sambal tongkol.

Untuk teman makannya, saya juga membuat tumis daun pepaya teri dan tempe goreng tepung. Sajian menu ini lengkap banget buat menu makan siang bareng keluarga ataupun dijadikan bekal. Menunya pun praktis karena sayurnya nggak pakai kuah, jadi bisa pakai satu toples atau tempat makan aja. Simak resep sambal tongkol pete dan tumis daun pepaya teri berikut ini.

Read More

Resep Tongkol Suwir Pete Pedas

Belakangan ini tersihir sama tongkol suwir pete pedas yang sering sliweran di beberapa media sosial. Sekarang banyak banget ya usaha makanan rumahan yang menunya menggugah, Salah satunya tongkol suwir pedas. Sebagai pecinta ikan-ikanan, jelas menu ini bikin saya ingin masuk dapur. Apalagi membayangkan dimakan pakai nasi jeruk panas-panas, nikmat!

Dilihat dari tampilan, cara bikin tongkol suwir kayaknya gampang. Apalagi ikannya adalah ikan tongkol, yang mana mudah didapatkan di tukang sayur langganan. Nggak perlu beli tongkol fresh, pakai pindang tongkol yang sudah dipotong-potong juga bisa. Yuk, simak resep tongkol suwir pete pedas berikut ini.
Read More