Resep Garang Asem Ayam yang Segar dan Nikmat

Pernah dengar kuliner garang asem ayam? Menu olahan ayam ini jadi salah satu sajian favorit saya karena rasanya gurih, segar plus asam, dan pedas. Kaya rasa hanya dalam satu suapan, nikmat! Garang asem adalah salah satu kuliner khas Jawa Tengah, khususnya Grobogan, yang memadukan ayam dengan bumbu rempah-rempah dan santan lalu dibalut daun pisang.

Saya tahu kuliner ini dari si ibu yang tiba-tiba rekomendasi ke mbak untuk bikin garang asem. Ternyata setelah dicicip rasanya nikmat. Alhasil saya berguru dengan ibu untuk membuat sajian ini. Simak resep garang asem berikut ini.

Read More

Resep Ayam Kuluyuk Alias Ayam Asam Manis

Tiada hari tanpa resep ayam karena saya memang suka banget ayam dan nggak begitu suka daging-dagingan, kayak daging sapi. Kalaupun daging ikan saya juga suka, cuma lebih praktis mengolah ayam untuk bekal makan siang hehe. Kali ini saya coba bikin ayam kuluyuk alias ayam asam manis yang praktis. Dari namanya aja sudah kebayang sedapnya gimana karena ada tiga rasa sekaligus dalam menu ini (yang satu lagi pedas)!

Ada yang sudah familiar dengan ayam kuluyuk? Saya tahu menu ini karena sempat icip kedai kaki lima yang cukup terkenal di bilangan Menteng. Nama kedainya adalah Ayam Malaya yang punya menu andalan ayam kuluyuk dan gohiong. Dimakan dengan nasi goreng putih rasanya nikmat banget! Menu ini merupakan ayam tanpa tulang yang dibalut dengan tepung lalu disiram saus yang kental dan dilengkapi sayuran segar. Menu ini dikenal dengan nama kuluyuk karena begitulah sebutannya di restoran khas peranakan.

Read More

Resep Buttermilk Fried Chicken yang Praktis dan Enak

Ada yang penasaran dengan apa itu buttermilk? Semenjak suka masak, pasti saya setidaknya sehari googling resep dari berbagai situs. Nggak jarang saya menemukan resep yang menggunakan buttermilk. Saya sih waktu itu mikirnya susu yang diproses sedemikian rupa sehingga menyisakan taste buttery. Resep dengan bahan dasar ini sering saya ganti dengan susu sapi biasa sampai akhirnya menemukan fakta tentang buttermilk dari Kak Ai Kelincitertidur. Ternyata buttermilk adalah susu yang dicampur vinegar maupun air perasan lemon.

Akhirnya persepsi saya mengenai susahnya mencari buttermilk di supermarket terpatahkan dengan fakta ini (padahal kalau dari dulu googling sih bisa aja bikin buttermilk sendiri). Berdasarkan riset lewat Google, buttermilk merupakan cairan sisa proses membuat susu maupun mentega. Teksturnya lebih kental dari susu cair dan rasanya agak asam.

Read More

Nasi Kepal Gurih-Ya & Ayam Teriyaki Warna-Warni

Percaya atau nggak, resep nasi kepal kali ini terinspirasi dari menu makan siang seorang balita! Saya percaya bahwa media sosial itu merupakan ajang mencari inspirasi dan berbagi hal yang bermanfaat. Kalau banyak orang di luar sana marah-marah soal penggunaan media sosial yang menyeleweng, saya sih yaudah aja membatin dalam hati dan berusaha ambil konten yang bermanfaat aja. Salah satunya adalah ngikutin akun yang sering berbagi hal positif.

Nah ngomong-ngomong nasi kepal, saya lagi ngefans banget sama Nyala, anak dari Mbak Ai Kelincitertidur. Gemesin dan menu makanannya menggoda. Mbak Ai selalu ngasih tau menu makan Nyala yang diperuntukkan untuk balita di luar sana juga. Soalnya dibuat dari bahan yang aman, prosesnya pun terjamin.

Salah satu menu yang membuat saya tergoda adalah nasi kepal. Langsung deh mikir kayaknya enak kalau #BekalMaksi nasi kepal soalnya gurih dan pasti bikin lahap. Tadinya mau bikin lauk steak tuna, cuma lagi nggak ada stok di mbok sayur. Akhirnya bikin ayam teriyaki (bisa pakai orange chicken juga lho) aja karena masih ada stok paprika di kulkas. Berikut resep nasi kepal dan ayam teriyaki warna-warni.

Read More

Chicken Chilaquiles with Sunkrisps Kale Tortilla Tempe

Wah nama menu kali ini agak unik ya, chicken chilaquiles merupakan salah satu menu tradisional khas Meksiko. Dari namanya aja udah kental rasa-rasa Meksiko-nya. Chilaquiles merupakan makanan tradisional Meksiko yang terdiri dari tortilla kemudian diberi saus salsa merah. Agar makin meriah, chilaquiles sering ditambahkan bahan-bahan lain, seperti daging ayam. Makanya dinamakan chicken chilaquiles. Bisa juga ditambahkan telur, keju, krim, dan aneka sayuran di atasnya biar makin lengkap.

Biasanya chicken chilaquiles disajikan menjadi menu sarapan. Uniknya, menu ini merupakan menu yang muncul ketika orang Meksiko punya stok atau sisa tortilla. Makanya dimanfaatkan dengan saus salsa. Saus salsanya pun sesuai selera. Jika mau salsa merah, gunakan tomat. Sedangkan mau salsa hijau, gunakan cabainya Meksiko alias poblano. Saya adalah tipe orang yang penasaran banget sama makanan khas negara lain, jadi tertarik icip ini. Apalagi belum pernah mengkreasikan menu masakan Meksiko (kalau Korea sih sering, kayak tteobokki dan gimbap, hehe) Namun kali ini saya menyesuaikan bahan-bahan yang gampang didapatkan. Yuk, simak resep chicken chilaquiles berikut ini.

Read More