Resep Tahu Goreng Isi Aci yang Gurih Nikmat

Bulan puasa dan gorengan memang nggak bisa dipisahkan. Kalau kata pepatah lama sih kayak perangko dan amplop. Setelah minum yang manis-manis usai adzan Maghrib, pasti mulut maunya icip-icip yang gurih, asin, dan renyah. Ya, apalagi kalau bukan gorengan. Mulai dari bakwan, risol, tempe, hingga tahu isi. Nah buat kalian yang harus banget berbuka puasa pakai gorengan, coba bikin menu yang satu ini deh, tahu goreng isi aci!

Buat penggemar cireng dan tahu, ini sih double combo (dan guilty pleasure) banget sihm hehe. Luarnya yang renyah dari kulit tahu dan aci bagian luar berpadu dengan lembutnya isian aci dan tahu yang telah dihancurkan nikmat banget! Apalagi dicocol pakai kecap dan bubuk cabai, hmm yummy! Nah kalau kalian pengen tau rasanya kayak apa tahu goreng isi aci, coba yuk dengan resep berikut ini.

Bahan-bahan

  • 10 buah tahu cokelat/tahu pong
  • 5 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu ayam
  • 200 ml air
  • minyak goreng

Cara membuat

  1. Potong bagian bawah tahu dan keluarkan isinya
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah dengan diuleg. Lalu campurkan ke air mendidih bersamaan dengan daun bawang yang telah diiris tipis
  3. Siapkan mangkuk atau wadah, tuang air yang telah dicampur bumbu ke dalamnya. Lalu masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan isian tahu yang telah dihancurkan. Aduk rata
  4. Tambahkan garam dan kaldu ayam, aduk dan koreksi rasa 
  5. Isi tahu dengan aci, lalu goreng sampai cokelat keemasan. Siap dihidangkan dengan kecap dan cabai rawit atau bubuk cabai.

Bagi saya yang suka banget dengan olahan aci, wajib sih menyediakan tepung tapioka di rumah. Kalau pengen jajan cilok atau cireng, tinggal campur air dan bumbu, jadi deh! Tepung tapioka memang dikenal bisa membuat tekstur makanan yang kenyal. Tapi, ternyata tepung tapioka juga bisa membantu membuat aneka makanan seperti gorengan, kremesan, sampai rempeyek tambah renyah, loh. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung terigu atau tepung beras. Dijamin makin renyah!

 

Leave a Reply