Resep Sate Lilit Bali dan Lawar Sayur

Tinggal di negara yang budayanya beragam bikin aku senang karena beragam pula kulinernya. Sampai-sampai bisa bikin kangen makan masakan khas suatu daerah, kayak kemarin kangeeeeeen banget makan nasi Bali dengan sate lilit. Setelah coba nyari paduan lauk pauk yang praktis untuk dibuat, akhirnya ku memutuskan untuk bikin nasi Bali sederhana dengan lauk sate lilit, lawar sayur, dan telur pindang.

Kalau sate lilit dan telur pindang pasti nggak asing kan? Kalau lawar sayur, pada tahu nggak hayoooo? Lawar sayur pada umumnya seperti urap. Campurannya adalah kacang panjang, tauge, dan ayam lalu dicampur dengan parutan kelapa berbumbu. Namun saya nggak menggunakan ayam karena menghemat waktu, hehe. Yuk, simak resep sate lilit Bali dan lawar sayur khas Bali berikut ini.

Sate Lilit Bali

Bahan-bahan

  • 300 gram daging ayam giling
  • 1/2 butir kelapa parut muda
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu ayam
  • 15 batang sereh (bisa disesuaikan jumlahnya atau diganti dengan tusuk sate pipih)
  • minyak goreng

Bumbu halus

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • 1 batang sereh
  • 5 cm kencur
  • 5 cm jahe
  • 5 cm lengkuas
  • 5 cm kunyit
  • 3 buah kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada

Cara membuat

  1. Sangrai kemiri dan ketumbar, lalu haluskan bersamaan dengan bumbu lainnya dan sereh yang telah digeprek. Uleg sampai halus
  2. Campurkan daging ayam giling, kelapa parut, dan bumbu halus. Aduk rata. Masukkan garam dan kaldu ayam, aduk rata dan koreksi rasa 
  3. Siapkan sereh yang telah dibersihkan, tempelkan adonan di batang sereh, pipihkan dan bentuk seperti sate.
  4. Panaskana teflon dengan 1 sdm minyak goreng. Panggang sate dengan dibolak-balik agar matangnya merata. Siap dihidangkan. 

Lawar Sayur

  • 5 buah kacang panjang
  • 1 mangkuk kecil tauge
  • 1/2 buah kelapa parut agak tua
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 1 buah jeruk nipis
  • 20 ml air
  • minyak goreng

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 8 cabai merah rawit oranye
  • 4 buah cabai merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm kencur
  • 1 cm jahe
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdm terasi

Cara membuat

  1. Potong kacang panjang sekitar 2 cm, lalu rebus bersamaan dengan tauge. Angkat dan tiriskan
  2. Haluskan bumbu dengan diuleg, tambahkan daun jeruk, lalu tumis sampai harum
  3. Masukkan kelapa parut, garam, gula merah, dan air. Aduk rata. Matikan api kompor
  4. Campurkan sayuran dengan adonan kelapa parut. Tambahkan air perasan jeruk nipis dan siap dihidangkan.

Walaupun lauknya nggak seramai nasi Bali pada umumnya, tiga paduan menu tersebut udah cukup melengkapi karena ada lauk dan sayurannya, bagi yang suka pedas coba aja bikin telur pindang dengan cabai yang lebih banyak. Kali ini saya modikasi nasinya dengan nasi daun jeruk biar makin nikmat dan harum.

Ngomong-ngomong soal nasi Bali, sebenarnya nasi ini mirip dengan sajian nasi dari daerah lainnya. Misal di Jawa ada nasi rames yang merupakan nasi campur, nah Bali pun sama dengan nasi Bali-nya. Ragam lauk yang ditawarkan pun banyak banget. Untuk lawar sayurnya juga bisa ditambahkan dengan bayam, lalu ada juga ayam pelalah yaitu ayam suwir yang dibumbui cukup pedas atau ditambahkan sambal matah. Sate lilitnya pun bisa dibuat dari ikan tuna. Selamat coba bikin nasi Bali sederhana di rumah ya!

2 comments / Add your comment below

  1. aaahhh aku laper liatnyaaa :D. apalagi kalo apke sambal matah nih mba :D. tp yg paking fav dr kuliner bali itu ayam betutunga. fav ku bangettttt hahahaha.. kalo org lain ke bali kangen pantai, aku mah kangen makanannya 😀

    1. Iya pas makan baru sadar kurang sambel matah, hehe. Aku pun juga mbak, kalau ke Bali yang diburu kulinernya. Dari ayam betutu sampai nasi campur 😀

Leave a Reply