Resep Nugget Sayuran yang Creamy Gurih Manis

Ada nggak yang setipe sama saya, kalau bulan Ramadan jadi jarang banget bahkan nggak pernah makan nasi? Kalau buka puasa makan nasi rasanya begah banget, sahur makan nasi pun perut jadi nggak enak. Serba salah memang. Nah hal ini bikin saya harus memutar otak bikin makanan non-nasi yang mengenyangkan dan enak selama bulan Ramadan. Pilihannya adalah olahan pasta atau kentang yang merupakan karbohidrat.

Selain bikin lasagna atau macaroni schootel, menu andalan lainnya adalah ragut sayuran yang dijadikan nugget. Saya sih bilangnya nugget sayuran creamy. Bikin sekali, bisa disimpan untuk seminggu ke depan. Tinggal disimpan di kulkas, goreng, siap disantap deh. Simak resep nugget sayuran creamy di bawah ini, yuk!

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang
  • 2 buah wortel
  • 4 buah buncis
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 2 sdm Fibercreme
  • setengah blok keju (saya pakai merek Kraft Quickmelt)
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • sejumput lada bubuk
  • 250 ml air
  • 250 ml susu cair putih
  • mentega
  • tepung roti
  • tepung terigu
  • telur ayam
  • minyak goreng

Cara membuat:

  1. Potong kentang, wortel, buncis, dan bawang bombay berbentuk dadu
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah lalu tumis bersamaan bawang bombay dengan mentega sampai halus
  3. Masukkan 1 sdm tepung dan 1 sdm mentega, lalu aduk hingga bentuknya gerindil seperti kerikil
  4. Masukkan kentang, wortel, dan buncis lalu aduk rata
  5. Tambahkan air, kaldu jamur, dan lada. Aduk rata dan masak sampai asat
  6. Ketika sudah mulai asat, tambahkan susu cair, keju, dan gula. Aduk rata dan masak sampai asat sambil sesekali diaduk. Matikan api dan diamkan sampai agak dingin
  7. Siapkan loyang yang telah dilumuri minyak goreng. Masukkan adonan ragut ke loyang dan tekan serta ratakan. Simpan di kulkas hingga 4 jam atau semalaman                                           
  8. Potong kecil ragut seukuran nugget. Lumuri dengan terigu, lalu ke telur yang sudah dikocok. Terakhir, lumuri dengan tepung panir hingga menyelimuti. Simpan di kulkas atau bisa langsung digoreng sampai kuning keemasan.

Buat kalian yang suka banget sama nugget, sebenarnya ini bisa dijadikan lauk juga loh. Tapi biar nggak terlalu kenyang, pakai 1 buah kentang dan ganti takaran kentang sisanya dengan tepung terigu. Bisa juga dicampur dengan daging ayam, tuna, atau salmon. Jadi nggak perlu lagi deh beli nugget di supermarket untuk di-stock. Selamat mencoba, ya!

2 comments / Add your comment below

  1. aku pake fibercreme skr. walopun msh lbh sering gunainnya utk pengganti santan. Mau coba resep inj ntr mbaaa, kali aja anakku yg susah makan sayur bisa doyan :D. sekalian fibercreme ku bisa dipake juga 😀

Leave a Reply