Resep Minuman Buka Puasa Segar: Es Teh Sereh & Selasih

Introducing my favorite drink ever to break fasting! Yaps, es teh sereh dan selasih jadi minuman andalan buka puasa saya yang utama. Simpel dan segar. Hampir setiap hari saya minum ini kalau buka puasa, bahkan kalau ke kantor pun harus bekal ini dari rumah hehe. Sebenarnya menu ini simpel banget, pasti paduan ini juga udah nggak asing lagi. But i proudly post it to those of you who never try this.

Kenapa suka banget sama es teh sereh dan selasih? Sereh yang digeprek lalu bersamaan direbus dengan air teh itu menciptakan rasa dan aroma yang warm banget dan.. relaxing! Setelah itu dicampur selasih yang menciptakan tekstur unik di mulut bikin minuman ini festive. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 kantung teh hitam
  • 2 batang sereh digeprek
  • 1 sdm selasih
  • 100 ml air
  • es batu
  • 1 sdt gula pasir (disesuaikan selera)

Cara membuat

  1. Rebus air bersama 1 batang sereh yang telah digeprek sampai mendidih
  2. Siapkan kantung teh dalam gelas lalu guyur dengan air rebusan sereh
  3. Tambahkan gula pasir, aduk rata
  4. Masukkan selasih dan es batu, aduk kembali
  5. Masukkan 1 batang sereh untuk menambah aroma.

Ternyata selain memberikan aroma yang nikmat dan mensugesti tubuh jadi rileks, teh sereh ternyata punya banyak manfaat. Bumbu dapur yang termasuk dalam rumput-rumputan ini punya beberapa kandungan seperti zat besi, kalium, vitamin B, dan magnesium. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, biasanya dijadikan rebusan sereh lalu dicampur teh atau dijadikan essential oil.

Dari sisi pencernaan, sereh diyakini bisa membantu mengurangi rasa sakit perut seperti tukak lambung maupun kram saat perempuan sedang haid. Menariknya lagi, sereh juga diyakini bisa membantu mengatasi masalah gigi seperti gigi berlubang atau infeksi mulut. Walaupun bukan cara pengobatan utama, bisa loh minum teh sereh setiap hari untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut. Selamat mencoba, ya!

 

 

Leave a Reply