Resep Es Kopi Susu Regal

Fenomena es kopi susu kekinian memang mengubah persepsi orang-orang pada kopi, bahwa yang nggak suka minum kopi pahit pun akhirnya ketagihan dan hampir setiap hari jajan es kopsus. Soalnya, ragam kedai es kopi susu kekinian nggak cuma menyajikan menu es kopsus saja, tapi dimodifikasi dengan banyak varian rasa. Mulai dari kopi susu alpukat, kopi susu rum, kopi susu pisang, hingga yang sekarang sedang hits, es kopi susu Regal.

Sajian es kopi dengan biskuit sebenarnya sudah umum, seperti dicampur dengan Oreo. Namun kalau untuk Regal baru hits belakangan ini. Meskipun sudah ada beberapa kedai yang menjual milkshake Regal. Seperti apa rasa es kopi susu Regal? Yuk, simak resep es kopi susu Regal berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 sdm kopi bubuk (saya pakai Kopi Tetangga Tuku)
  • 1 sdm brown sugar
  • 1 sdm creamer (saya pakai FiberCreme)
  • 100 ml susu putih cair (saya pakai Greenfields)
  • 5 biskuit Regal
  • ekstrak vanila
  • es batu
  • 50 ml air

Cara membuat

  1. Buat kopi seperti biasa, yakni panaskan air sampai mendidih lalu tuang ke french press yang telah diisi kopi bubuk. Aduk dan diamkan selama 1 menit. Tekan french press dan biarkan selama 1 menit
  2. Siapkan gelas kosong, masukkan brown sugar, krimer, dan ekstrak vanila. Tuangkan kopi, aduk rata
  3. Panaskan susu sampai mendidih, masukkan ke french press. Tekan naik turun selama 1 menit hingga menciptakan busa. Tuangkan ke kopi
  4. Campurkan dengan es batu
  5. Sajikan dengan remahan biskuit regal.

Sebenarnya cara membuat es kopi susu kekinian sudah saya share sebelumnya, bedanya ini hanya menggunakan regal dan campuran vanila agar rasanya makin ‘enteng’ alias nggak terlalu dominan rasa kopinya. Ada cara agar rasa regalnya lebih terasa yaitu dengan mencampurkan 3 biskuit regal ke dalam kopi sebelum dicampur remahan biskuit. Lalu hancurkan menggunakan sendok dan diamkan selama beberapa jam agar larut.

Kalau kalian nggak begitu suka kopi, bisa juga kok bikin susu regal. Caranya adalah dengan mencampurkan susu cair putih, ekstrak vanila, rum, dan regal. Aduk rata sampai biskuit hancur, diamkan di kulkas beberapa jam, lalu ketika hendak diminum bisa diberi remahan regal. Selamat mencoba!

8 comments / Add your comment below

    1. Setujuuu! Aku dulu suka banget makan regal diancurin pakai susu putih atau teh. Kayak makan bubur bayi, enyaaak

  1. Aku tuh kalau lihat biskuis regal di supermarket, rasanya malas banget buat sentuh apalagi beli untuk dibawa pulang. Gimana ya, terlanjur menganggap ini cemilan khusus batita atau penderita sakit lambung, wkwkwk … Tapi ternyata bisa jadi menu es kopi yang enak, ya? Kebetulan aku juga penyuka kopi. Kapan-kapan mesti cobain, nih. Makasih resepnya ya, Mbak …

    1. Kebalikan dari aku, justru aku suka banget Regal karena biskuitnya nggak terlalu manis. Bisa dijadikan campuran kopi atau dimakan pakai susu, enak mbak 🙂

  2. duuuuh ini minuman fav dari zaman sekolah sih :p. tp kalo dulu pake coklat milo hahahaha.. akupun skr ake fiber creame mba utk pengganti santan dan creamer :). semua makanan dan minuman jd jauh lbh enak 🙂

    1. Aku dulu sukanya makan regal pakai susu cair putih, lihat seliweran kopi regal jadi tertarik nyoba :p

Leave a Reply