Cara Membuat Nasi Liwet Pakai Rice Cooker

Nasi liwet yang nikmat bisa dibuat praktis, hanya menggunakan rice cooker.

Beberapa hari lalu saya bertanya soal rekomendasi resep apa sih yang kira-kira followers saya butuhkan via Instagram Story. Hasilnya beragam, mulai dari ayam geprek, aglio olio kornet, sampai bumbu oncom untuk sate maranggi. Tapiii… ada beberapa yang menjawab serupa, yaitu resep yang gampang untuk anak kost dan bisa dibuat hanya menggunakan rice cooker. Jujur, saya tertantang sih membuat olahan menggunakan rice cooker karena sejauh ini belum pernah mencoba memasak dengan hanya menggunakan rice cooker.

Setelah berpikir kira-kira bikin apa, akhirnya mari kita coba dari resep yang paling mudah dan sederhana: NASI LIWET! Modal rice cooker alias tanpa kompor, bisa loh bikin nasi liwet yang sedap dan wangi (dengan catatan lauk terpisah ya). Simak cara membuat nasi liwet pakai rice cooker berikut ini, yuk!

Bahan-bahan:

  • 1 cup beras (saya mencampur beras biasa dan shirataki)
  • 2 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • lengkuas seukuran kelingking
  • 3 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah
  • 1 buah cabai rawit oranye
  • 2 sdm teri medan
  • 1 sdm Fibercreme
  • minyak goreng

Cara membuat:

  1. Jika menggunakan rice cooker biasa (tanpa ada pilihan untuk menanak nasi, merebus, atau menumis), siapkan rice cooker dalam kondisi mode ‘Cook’. Tuangkan sedikit minyak goreng, tumis bawang merah yang telah dirajang sampai harum. Lalu angkat dan letakkan piring
  2. Tuang kembali sedikit minyak goreng, tumis teri medan sampai warnanya kecokelatan. Angkat dan letakkan di piring
  3. Masukkan beras yang telah dicuci dan air secukupnya (takaran saya, 1 ruas jari dari permukaan beras)
  4. Campurkan dengan Fibercreme, aduk                                                                                          
  5. Masukkan sereh dan lengkuas yang telah digeprek, daun salam, daun jeruk, cabai yang telah dirajang, serta tumisan bawang merah dan teri medan. Aduk rata
  6. Masak sampai matang dan siap dihidangkan dengan sajian lauk lain.

Menu khas Jawa, tepatnya Solo ini, memang mirip dengan nasi uduk karena rasanya gurih dan aromanya wangi. Jika di Jawa, nasi liwet kerap disajikan dengan sayur labu siam, ayam suwir, dan areh (seperti gumpalan santan yang dibuat dari kelapa). Baru tahu ya, nasi liwet berasal dari Solo, bukannya Sunda? Sama! Saya yang mengira asal usul makanan dari Sunda ini ternyata awalnya terkenal di Solo. Setelah cari tahu dengan googling, ternyata memang ada beberapa versi nasi liwet.

Jika nasi liwet di Solo menggunakan santan dan tanpa bumbu yang meriah, nasi liwet Sunda menggunakan bumbu seperti sereh, lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, dan ikan-ikanan atau cumi asin serta pete. Keduanya sama-sama enak karena kaya rasa. Choose your own nasi liwet and happy cooking!

Note:

*Silakan membuat/membeli lauk agar makin nikmat. Bisa dengan kering kentang atau tempe goreng dan sambal. Sedap!

 

 

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply