Resep Kopi Susu Kurma dengan Kolang Kaling

Kalau melihat foto di atas, kebayangnya apa? Mirip minuman kekinian brown sugar boba milk, ya! Eits tapi jangan salah, ini adalah kopi susu kurma dengan kolang-kaling, minuman spesial Ramadan. Bagi kamu yang suka kurma, kopi, dan kolang-kaling, ini sih paduan yang wajib banget dicoba. Sebenarnya menu ini terinspirasi dari teh Atit yang membagi resep cao susu kurma di Livingloving. Nah, karena saya suka banget ngopi, akhirnya memutuskan untuk menambahkan rasa kopi pada minuman ini.

Pada dasarnya, kopi susu kurma dengan kolang kaling ini adalah sajian susu kurma yang dihidangkan dengan kolang kaling rasa es kopi susu kekinian. Nah loh, gimana rasanya? Simak resep kopi susu kurma dengan kolang-kaling berikut ini.

Bahan-bahan (untuk 2 gelas):

  • 1 kotak susu cair putih ukuran 250 ml
  • 8 buah kurma sukari
  • 6 sdm kolang-kaling
  • 1/2 gelas kopi susu kekinian (atau bisa bikin sendiri, resep klik di sini)
  • 1 tetes essence moka
  • es batu
  • air

Cara membuat:

  1. Siapkan kolang kaling rasa es kopi susu dengan merebus kolang-kaling dengan air biasa sampai mendidih 
  2. Buang airnya, lalu ganti dengan es kopi susu dan essence moka, lalu aduk rata. Rebus lagi sampai mendidih. Angkat dan diamkan di kulkas semalaman atau kurang lebih 4 jam
  3. Blender kurma yang telah direndam air biasa selama semalaman dengan susu cair putih 
  4. Siapkan gelas dan masukkan kolang-kaling, lalu tuang susu kurma, dan tambahkan es batu. Siap disajikan.

Berbicara tentang kurma, saya awalnya nggak suka buah ini karena teksturnya aneh dan rasanya manis banget bangetan. Beberapa waktu berlalu, ternyata saya baru tahu kalau kurma itu banyak jenisnya. Alhasil saya menemukan kurma yang cocok di lidah saya, yakni kurma sukari yang teksturnya lembut (bahkan ada sensasi meleleh ketika di mulut) dan rasa manisnya bisa ditolerir.

Setelah kepo, ternyata kurma sukari adalah jenis kurma yang terkenal di Arab dan merupakan kurma favorit para raja dan ratu. Hal ini dikarenakan ukuran kurma sukari lebih besar dibandingkan kurma lainnya, manisnya pas, dan teksturnya sangat lembut jika dimakan. Nah kalau kamu suka kurma jenis lain, bisa kok diganti dengan kurma tersebut. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply