Bubur Cap Tiger: Bubur Ayam Mangga Besar di Jaksel

Finally, Jaksel punya bubur ayam yang enaaaakkkk berkat kehadiran Bubur Cap Tiger! Ngomong-ngomong soal kuliner, sebagai anak Jaksel yang suka kulineran, kadang agak sedih liat banyak banget rekomendasi makanan enak nun jauh di ujung utara sana, hiks. Ya sebenarnya nggak jauh-jauh amat sih, tapi PR aja ke sananya. Selain bakmi, seafood, pempek yang dibilang enak, bubur ayam di kawasan Mangga Besar juga terkenal akan kenikmatannya. Jujur, sampai sekarang belum kesampaian mencoba bubur Mangga Besar. Tapi….. sekarang akhirnya bisa berbangga hati!

Soalnya Bubur Ayam Mangga Besar kini hadir di Jaksel, YAY! Bulan lalu, dunia kuliner Jaksel kembali kedatangan pemain baru yaitu Bubur Cap Tiger. Informasi tentang kedai bubur ini sudah saya lihat di beberapa Instagram Story teman saya dan alhasil saya bersikeras harus secepatnya ke sana. Tercapai deh akhirnya mencoba bubur ayam yang dielu-elukan banyak orang ini.

Berlokasi di samping Cut The Crab Cikajang, dari luar (pas saya ke sana) memang tak terlihat plang Bubur Cap Tiger. Adanya malah plang klinik kecantikan C(E)K, nah kalau sudah lihat klinik ini, coba agak masuk ke dalam, nanti akan terlihat tangga kecil dengan plang Bubur Cap Tiger. Bagian tangga dari lantai dasar ke lantai dua ini nuansanya ala-ala Wong Kar Wai. Bagian sisi kanan kiri dinding-nya plester dengan dekorasi lukisan China dan warna lampunya merah redup. Sesampainya di lantai dua, akan terlihat pintu kecil berwarna hijau di bagian kanan.

Masuk ke dalam kedai saya langsung membatin… jujur, untuk kedai bubur, interior Bubur Cap Tiger ini instagramable dan nyaman banget!  Pengunjung bisa memilih menyantap bubur di bagian indoor yang dilengkapi AC dan kipas angin maupun outdoor yang dilengkapi kipas angin. Bahkan bagian outdoor-nya juga dibagi menjadi dua, bisa di depan (menghadap ke Jalan Cikajang) atau menghadap ke perumahan.

Berlanjut memesan menu, pelayan sigap memberikan buku menu dan membantu menjawab segala pertanyaan. Untuk pilihan buburnya ada bubur polos, bubur ayam, dan bubur beras merah. Bubur ini benar-benar bubur saja ya tanpa topping. Kalau bubur ayam pun, ayam-nya sudah dicampur dengan bubur. Jadi kalau mau meriah dan nikmat, harus pakai tambahan topping.

Kala itu saya memesan bubur ayam polos, 1/4 ekor ayam rebus, 1 telur pitan, 1 telur kecap, 1 porsi cakwe, dan 1 es liang teh. Ketika pesanan datang, porsi buburnya pas untuk 1 orang sehingga tidak akan terlalu kenyang. Telur pitan, telur kecap, dan ayam rebus datang bersamaan dalam 1 piring lengkap dengan sayur asin, irisan jahe, dan seledri. Tampilannya pun menggugah! Apalagi ayam rebusnya dilumuri oleh minyak bawang.

Bubur Cap Tiger termasuk dalam bubur ala China atau oriental yang mana teksturnya tak terlalu pekat  atau kental (kesukaan saya!). Jadi harus segera dimakan selagi hangat agar nikmat. Ketika datang, bubur menyeruakkan wangi khas karena terdapat sedikit minyak wijen dan daun bawang di atasnya.  Saya pun mencampur bubur dengan semua topping + kecap asin dan irisan cabai rawit ditambah lada bubuk. Ketika diaduk dan disuapkan, hmm nikmat!

Tekstur buburnya lembut sekali, rasanya pun gurih pas! Favorit saya adalah si ayam rebus yang lembut, juicy, dan gurih nikmat berkat minyak bawang dan remahan bawang putih goreng. Tak kalah enak si telur pitan yang kenyal-kenyal dengan perpaduan manis dan gurih karena turut dibumbui minyak bawang.

Surprisingly, saya suka banget sama sayuran pendampingnya seperti sayur asin yaitu sawi dan lobak asin dengan tekstur yang crunchy. Bubur pun makin nikmat dimakan dengan irisan jahe yang rasanya light. Aduh, membayangkannya jadi ingin lagi! Senang rasanya bisa ‘memiliki’ bubur ayam enak di Jakarta Selatan. Walaupun harganya tak murah layaknya bubur ayam pada umumnya, uang yang dikeluarkan worth! Bagi saya, Bubur Cap Tiger masuk salah satu list kuliner Jaksel yang wajib dicoba.

Baru buka beberapa bulan yang lalu, saat saya ke sana belum tersedia mesin EDC. Jadi pembayaran bisa dilakukan dengan cash atau transfer via mobile banking. Wi-Fi pun masih dalam sistem pemasangan. Nah bagi kalian yang ingin mencoba Bubur Cap Tiger, datanglah sekitar jam 5 sore karena jam bukanya pun mulai 17.00 WIB dan ingat, Senin tutup ya. Selamat makan bubur enak malem-malem!

Bubur Cap Tiger

Alamat: Jl Cikajang No. 34A, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

(Lokasinya di antara Cut The Crab dan Bakso Solo Samrat, lantai 2 di atas Klinik C(E)K)

Jam Buka: Selasa-Kamis dan Minggu: 17.00 – 01.00 WIB // Jumat-Sabtu: 17.00 – 03.00 // SENIN TUTUP

Nomor Telepon: (021) 27083168

4 comments / Add your comment below

  1. pusatnya di mangga besar yaaa.. pdhl kantorku di mangga dua, tp blm tau malah ttg bubur ini. kalo dibandingin ama bubur ayam indonesia, aku lbh suka bubur chinese. apalagi ke telur pitan. krn buburnya minimalis gitu udh enaaaak bgt. udh berasa. itu yg aku suka. fix sih ini, aku bakal cari bubur ini yg di mangga besar nya 😉

    1. Yang di Mangga Besar katanya justru udah terkenal, tapi tempatnya nggak sebagus ini. Aku pun lebih suka bubur Chinese dibandingkan bubur kampung mbak, toss!

Leave a Reply